Rangkuman Etika Bisnis

Jasa Konsultasi Skripsi : Disyukuri atau Dikutuk

 

 

Menteri Pendidikan Nasional akhirnya memutuskan untuk mengumumkan puluhan institusi pendidikan atau program (PTS) yang dianggap ilegal, karena hal ini sudah mencapai pada titik yang cukup mengkhawatirkan. Hal ini timbul karena maraknya lembaga pendidikan pemberi gelar Master dan Doktor yang marak di negeri ini. Selain itu masalah yang juga diperdebatkan adalah mengenai pemberi jasa konsultasi Skripsi, Tesis, dan Disertasi yang ilegal atau tidak tetapi masalah ini belum mencapai taraf yang merisaukan di masyarakat.

Jasa pemberi konsultasi ini tumbuh subur, dari yang semula hanya konsultasi diam – diam antar teman, kemudian meningkat sampai pemrosesan data statistik, jasa menginterpretasikan dan menulis hasil, atau pemilihan judul,menyediakan data, sampai akhirnya jasa pembuatan penuh suatu Skripsi. Usaha seperti ini tentunya memerlukan modal dasar yaitu kumpulan skripsiyang mencakup berbagai bidang studi pokok. Hanya dengan membayar beberapa ratus ribu, maka skripsi yang diinginkan sesuai keinginan kita dapat dibuatkan kemudian diantar kerumah. Untuk layanan seperti ini biasanya peminat melihat-lihat melalui internet.

Bisnis ini semakin marak ataupun berkembang karena bukan hanya dari kalangan mahasiswa murni saja yang menggunakan jasa ini, para pejabat kelas tinggi yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (S2,S3) yang pada dasarnya tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyusun suatu tesis atau disertasi juga menggunakan jasa ini, bahkan bukan tidak mungkin dengan dana yang cukup para peserta program S3 ini menggunakan jasa para akademisi untuk membantu menyelesaikan penulisan mereka,walaupun itu adalah melanggar integritas akademik.

Belum diketahui seberapa jauh dan dalam kapasitas seperti apa bisnis kosultasi skripsi ini dijalankan, bisnis ini ternyata memiliki kepustakaan yang cukup banyak berupa ratusan skripsi,tesis, dan disertasi tanpa diketahui bagaimana mereka bisa memperolehnya. Beberapa pemberi jasa bahkan memberikan garansi ”DIJAMIN LULUS” bagi mereka pengguna jasanya. Konon tarif untuk pembuatan Skripsi berkisar antara Rp. 1 juta sampai Rp.1,5 juta bahkan untuk Tesis haraga dapat  mencapaiRp. 2 Juta. Pemberi jasa ini kebanyakan adalah lulusan program S2 bahkan S3 perguruan tinggi ternama. Salah seorang pemberi jasa mengakui dalam 1 bulan mereka bahkan dapat mencapai lebih dari Rp. 10 juta inilah yang menyebabkan bisnis ini begitu digemari.

Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan sebagaimana disampaikan oleh soerang pengamat pendidikan nasional bahwa fenomena ini merupakan tragedi pendidikan nasional jika tidak dapat dikendalikan atau ditangani. Dia khawatir jangan – jangan nanti pekerjaan rumah yang semula hanya dikerjakan oleh kakak atau ibu dirumah dapat diambil alih oleh para penyedia jasa pendidikan, karena banyak sekarang ini tempat-tempat les privat yang ternyata sebagian dari kegiatannya adalah mengerjakan pekerjaan rumah siswa.

Apakah hal ini melanggar etika atau kode etis dalam konteks pendidikan nasional?, ketika hal ini ditanyakan kepada seorang penyedia jasa penulisan skripsi mereka hanya mengatakan bahwa mereka melakukan ini karena adanya permintaan sehingga bisnis ini dijalankan, dalam bisnis sulit sekali menjaga nilai-nilai etika bila sudah adanya permintaan dari konsumen, semuanya dianggap sah – sah saja.

Ketika hal ini dikembalikan kepada mahasiswa mereka mengakui ”daripada repot – repot menulis toh belum tentu langsung di ACC, lebih baik menggunakan jasa penulisan yang sudah pasti langsung membuat dosen pembimbing terkesan dan akhirnya mengACC skripsi saya”

Para dosen pun tidak memiliki kriteria pasti yang menentukan apakah skripsi tersebut adalah hasil karya mahasiswa sendiri atau hasil pembimbingan komersial selama si mahasiswa dapat menjelaskan secara tepat isi tulisan tersebut.

Para Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau yang berwenang sekalipun masih bergeming mengenai hal ini. Mungkin fenomena ini masih dianggap wajar sehingga mereka tidak mau gegabah menangani masalah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: