Booming futsal

BOOMING FUTSAL & PELUANG BISNIS

Futsal, 5 tahun lalu mungkin kita agak asing jika mendengar kata futsal, olahraga yang diadopsi dari permainan sepakbola ini dulu belum begitu popular di Indonesia, hanya sebagian kecil orang yang memainkan olahraga ini.

Kini olahraga ini begitu menjamur,mulai anak-anak,dewasa hingga orang tua menggemarinya, karena notabene olahraga sepakbola sangat digemari di Indonesia sudah barang tentu futsal pun akhirnya begitu digemari.

Olahraga yang bisa dimainkan diluar (outdoor) maupun didalam (indoor) ini dimainkan oleh lima atau enam orang dalam satu tim nya, sama seperti sepakbola permainan ini sudah barang tentu membutuhkan lapangan yang cukup sebagai arena pertandingan. walaupun tidak seluas lapangan sepakbola, futsal juga membutuhkan lapangan sebagai arena bertanding. Ukuran standar adalah panjang 25-45 m x lebar 15-25 m.

Bagi mereka yang masih tinggal didaerah pinggiran kota besar tentu bukanlah hal yang sulit untuk menemukan lapangan sebagai tempat bermain futsal, sedangkan bagi mereka yang berdomisili di kota-kota besar menemukan tempat lapang untuk bermain futsal tentu sangant sulit untuk didapatkan. Hal inilah yang kemudian dilihat oleh beberapa orang sebagai peluang bisnis.

Melihat banyaknya yang menggemari olahraga Futsal sekarang ini, sedangkan fasilitas lapangan terbuka yang sudah tidak tersedia, maka para pemilik modal pun membangun sarana lapangan futsal didalam ruangan (Indoor). Sekarang ini banyak bermunculan gedung-gedung olahraga khusus Futsal di kota2 besar maupun pinggiran kota (Jabodetabek). Dalam satu arena gedung biasa terdapat 4 sampai 5 lapangan futsal berumput sintetis. Para pemilik arena biasa menyewakan rata-rata Rp.180.000 untuk satu jam masa sewa. Jika dalam satu hari jam buka minimal 12 jam maka dalam satu hari rata-rata para pemilik gedung mendapatkan Rp.2.160.000 dari satu lapangan futsal, apabila dalam 30 hari mereka terus membuka penyewaan maka diperkirakan dalam satu bulan memperoleh pendapatan sewa sebesar Rp. 64.000.000

Dengan jumlah pendapatan yang cukup menggiurkan maka tidak heran banyak bermunculan sekarang ini gedung-gedung olahraga yang menyediakan fasilitas lapangan Futsal Indoor. Dengan dana awal sekitar Rp. 164 juta-an (untuk satu lapangan dengan rumput syntetis), maka dalam tempo waktu kurang lebih satu tahun dana modal sudah kembali. Apalagi jika mendirikan lokasi ditempat strategis yang mudah dijangkau para penyewa. Jika ingin menambah keuntungan para pemilik lapangan juga bisa menyediakan jasa kantin sebagai pemasukan tambahan.

by:haris84

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: